Senin, 19 Januari 2009

If I Am Missing or Dead (Jika aku hilang atau mati)

I.IDENTITAS BUKU
1. Judul : If I Am Missing or Dead (Jika aku hilang atau mati)
2. Pengarang : Janine latus
3. Penerbit : PT Gramedia pustaka utama
4. Kota terbit : Jakarta
5. Tahun terbit : 2007
6. Cetakan : Pertama


III.SINOPSIS
Sebuah memoar yang menceritakan seseorang yang mempunyai keinginan tanpa tujuan , mempunyai keluarga tetapi merasa hidup sendirian. Berkesimpulan dengan ego untuk hidup sendiri. Sehingga suatu hari saat semuanya terlambat baru menyadari bahwa sebagai manusia tidak akan hidup sendiri.
Ini sebuah keluarga yang cukup besar terdiri dari dua orang dewasa (mom & dad) dan lima orang anak(steve,jane,janine,pat,amy). Saat anak-anak masih belum cukup umur, keluaga ini sangat rukun dan damai. Mempunyai orang tua yang sabar dan berusaha mencukupi kebutuhan anak-anaknya.
Namun sejalan perubahan waktu anak-anak itu tumbuh dan mereka membantu orang tuanya bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hingga mereka menjadi dewasa satu-persatu meninggalkan rumah.
Salah satunya jenine. Dia meninggalkan rumah setelah lbunya meninggalkan rumah untuk sebuah pekerjaan, karena ayahnya tidak bekerja lagi. Jenine meninggalkan rumah dan tinggal disebuah kontrakan. Tanpa dia sadari dia telah meninggalkan amy adik yang sangat ia sayangi.
Akhirnya perceraian orang tua membuat hidup jenine lebih hancur lagi. Sambil meneruskan sekolahnya jenine bekerja tidak kenal waktu, walaupun begitu ia bisa lulus dan meneruskan pendidikannya sampai kejenjang atas. Saat hidup lebih sulit dia pindah dari kota satu kekota lain. Terjabak pergaulan antara lelaki satu dengan lelaki lain hanya dengan modal seks. Hingga ia berlabuh pada seorang lelaki yang menceraikan perempuan yang sedang hamil. Hidup dengan lelaki ini walaupun sering bertengkar mereka cepat rukun jika sudah di atas tempat tidur, karena sangat cintanya. Jenine rela merelakan dirinya sendiri melakukan operasi payudara untuk memenuhi kemauan seks lelaki ini Walaupun nanti akhirnya dia berpisah dengan lelaki tersebut, karena kekerasan yang dideritanya.
Tapi jalan cerita kehidupannya tidak dia tanggung sendiri. Apa yang terjadi diceritakan pada amy meminta pendapat dari adiknya itu. Tanpa ia sadari bahwa amy juga hidup dalam keadaan susah. Amy hidup tanpa status dengan seorang tukang cat yang memiliki catatan kriminal. Jenine tidak mengetahui hal itu karna amy bersikap bahwa dia hidup dengan lelaki yang baik.
Hingga saat jenine baru merasakan kelegaan terbebas dari hubungan yang membuatnya menderita bertahun-tahun. Dia dirundung kesedihan amy adik yang sangat dicintainya menghilang. Dan ditumukan telah meninggal.
Karena pengorbanan seorang adik. Jenin baru menyadari kalau dia tidak hidup sendiri. Selama ini dia hanya mengenal keluarga yang ada didekatnya saja. Tapi saat pemakaman amy dia melihat seluruh keluaga berkumpul. Dan amy berhak mendapatkan itu, karena ia tidak pernah meninggalkan keluarganya. Tetapi keluarganyalah yang meninggalkannya.

Tidak ada komentar: